UTS Semester 4
Tugas Ujian Tengah Semester
Hallo Semua, apa kabar? setelah sekian lama vakum di blogger dan sibuk ngurusin dunia nyata. Akhirnya kita bertemu kembali disini, di blog sederhana saya. oke, tanpa basa-basi kita langsung masuk ke topik pembahasan utama yaitu mengenai tugas ujian tengah semester. Pasti kaget dong, udah sekian lama eh muncul-muncul langsung ngasih topik yang berat, gimana dong gaes. Gpp gaes, disini keep it slow aja ga usah ngegas gak usah panas, kita disini gak bakal tewas, karena masih banyak topik yang akan dibahas.
Tugas yang saya dapatkan beserta teman-teman saya berasal dari pak arif, ngomong-ngomong selamat ya pak atas pernikahannya, semoga bisa langgeng sampai maut memisahkan. Oke langsung saja kita masuk ke soal yang pertama.
1. Jelaskan dan sebutkan tahap umum dalam pengembangan perangkat lunak !
Jawab : Ada enam tahapan proses yang bisa saya sebutkan disini, beberapa diantaranya adalah : planning/perencanaan; analysis/analisis; design/desain; developtment & implementation/pengembangan & implementasi; testing/pengujian; maintenance/pemeliharaan.
pertama adalah perencanaan didalam tahap ini diperlukan perencaan yang kuat terhadap proyek yang akan kita buat, mulai dari menghitung kekuatan dan kelemahan proyek sampai memperkirakan masalah yang akan datang jikalau proyek tsb berjalan.
kedua adalah analisis langkah ini adalah tentang menganalisis kinerja perangkat lunak pada berbagai tahap dan membuat catatan tentang persyaratan tambahan.Analisis sangat penting untuk melangkah lebih jauh ke langkah berikutnya.
ketiga adalah desain Setelah analisis selesai, langkah desain mengambil alih, yang pada dasarnya membangun arsitektur proyek. Langkah ini membantu menghilangkan kemungkinan kelemahan dengan menetapkan standar dan berusaha untuk menaatinya.
keempat adalah pengembangan dan implementasi Tugas aktual pengembangan perangkat lunak dimulai di sini dengan perekaman data berlangsung di latar belakang.Setelah perangkat lunak dikembangkan, tahap implementasi datang di mana produk melewati studi percontohan untuk melihat apakah itu berfungsi dengan baik.
kelima adalah tahap pengujian menilai perangkat lunak untuk kesalahan dan dokumen bug jika ada.
keenam adalah pemeliharaan setelah perangkat lunak melewati semua tahap tanpa masalah, itu adalah untuk menjalani proses pemeliharaan di mana ia akan dipelihara dan ditingkatkan dari waktu ke waktu untuk beradaptasi dengan perubahan. Hampir setiap pengembangan perangkat lunak perusahaan India mengikuti semua enam langkah, yang mengarah ke reputasi yang dinikmati negara di pasar perangkat lunak saat ini.
2. Pengertian perangkat lunak merupakan suatu instruksi (program komputer) yang ketika dijalankan menyediakan fungsi dan tampilan yang diinginkan, struktur data yang memberi kesempatan program untuk memanipulasi informasi dan dokumen yang mendiskripsikan operasi dan penggunaan program.
a. Bagaimana karakteristik perangkat lunak ?
b. Sebutkan dan jelaskan Software Enginering Layer!
1. Perangkat lunak itu dibangun atau direkayasa, tidak
dihasilkan dengan menggunakan mesin/tangan seperti perangkat keras.
2. Perangkat lunak itu tidak akan usang atau lusuh sejalan dengan waktu.
3. Perangkat lunak akan terus menerus dibuat menurut pesanan, sadangkan perangkat keras akan disusun dengan menggunakan komponen.
2. Perangkat lunak itu tidak akan usang atau lusuh sejalan dengan waktu.
3. Perangkat lunak akan terus menerus dibuat menurut pesanan, sadangkan perangkat keras akan disusun dengan menggunakan komponen.
> A quality fokus / fokus kualitas : pada saat kita ingin membangun sebuah aplikasi, fokus pertama kali yang dibuat tentunya adalah membangun kualitas yang seperti apa dan siapa sasaran kita, aplikasi yang dibangun, siapa penggunannya dan lain-lain, oleh karena itu dengan berpatokan pada fokus kualitas, maka programmer akan mengetahui sampai dimana aplikasi yang akan dibangun.
> Process / proses : pemrogram harus mengetahui bagaimana proses yang harus dijalanai pemrograman sehubungan dengan fokus kualitas dari perangkat lunak yang akan dibangun, maka pemrogram harus mengetahui bagaimana proses yg harus dijalani oleh pemrograman sehubungan dengan fokus kualitas dari software yang diharapkan.
> methods / metode : dengan metode, pembuat program akan melakukan langkah-langkah dan tindakan yg sesuai dengan metode yang ada. Metode yg dipakai haruslah sesuai dengan software yang dibangun dan tujuan dari pembuatan software itu sendiri.
> tool / alat : merupakan alat bantu yang digunakan programmer untuk membuat suatu software dalam menyelesaikan proyek yang ada.
3. Mungkin saya akan menggunakan model proses prototyping, karena dengan metode ini, kita dapat lebih mengetahui apa yang diinginkan pengguna terhadap software game yang nantinya kita buat. Jika ekspektasi pengguna masih belum terpenuhi, maka kita bisa melakukan pengumpulan kebutuhan agar mendapat hasil yang lebih baik lagi.
> Berikut adalah contoh context diagram :
> Process / proses : pemrogram harus mengetahui bagaimana proses yang harus dijalanai pemrograman sehubungan dengan fokus kualitas dari perangkat lunak yang akan dibangun, maka pemrogram harus mengetahui bagaimana proses yg harus dijalani oleh pemrograman sehubungan dengan fokus kualitas dari software yang diharapkan.
> methods / metode : dengan metode, pembuat program akan melakukan langkah-langkah dan tindakan yg sesuai dengan metode yang ada. Metode yg dipakai haruslah sesuai dengan software yang dibangun dan tujuan dari pembuatan software itu sendiri.
> tool / alat : merupakan alat bantu yang digunakan programmer untuk membuat suatu software dalam menyelesaikan proyek yang ada.
3. Mungkin saya akan menggunakan model proses prototyping, karena dengan metode ini, kita dapat lebih mengetahui apa yang diinginkan pengguna terhadap software game yang nantinya kita buat. Jika ekspektasi pengguna masih belum terpenuhi, maka kita bisa melakukan pengumpulan kebutuhan agar mendapat hasil yang lebih baik lagi.
> Berikut adalah contoh context diagram :
> Berikut adalah diagram dekomposisi :
> Berikut adalah contoh dari data flow diagram level 1 :
sekian dulu pembahasan dari saya, jika ada kesalahan mohon dimaafkan. Karena manusia tidak pernah luput dari kesalahan.
Nama : Moh Ferry Kurniawan
NIM : 1117101469
Kelas : SP 4.2
Komentar
Posting Komentar